Teman Kreasi Bojonegoro Hadir Untuk UMKM Indonesia Semakin Mendunia
Teman
Kreasi Bojonegoro Hadir untuk Indonesia. Diawal pandemi Covid19 ini banyaknya usaha UMKM yang
mulai tumbang, dan banyak karyawan di rumahkan atau di PHK. Dampak pandemi
membuat para pengusaha mengalami krisis ekonomi secaraang cukup signifikan,
salah satu penyebab yang paling terlihat saat ini adalah berkurangnya daya beli
akibat pandemi Covid 19. Akan tetapi saat pandemi jugalah banyak bermunculan
UMKM khususnya usaha kecil rumahan yang bermunculan. Contohnya seperti membuka
usaha makanan kering, makanan siap saji baik itu berupa lauk, kue ataupun
minuman. Dengan memanfaatkan Teknologi media sosial, status Whatsapp sebagai
jalan ninja atau ajang untuk mempromosikan produk yang dijual. Karena
kebutuhan, dari sinilah muncul banyak peluang usaha untuk bisa bertahan hidup
dalam kondisi seperti ini.
Program ini merupakan
sarana pemberdayaan lanjutan yang memiliki basis pengembangan dan penguatan
komunitas kreatif di masyarakat. Sama seperti sebelumnya prinsip yang digunakan
oleh Teman Kreasi Indonesia adalah kokreasi yang saling mendukung.
Maka dari itu Teman
Kreasi Indonesia diharapkan dapat mendorong lahirnya banyak wirausahawan
sosial, wirausahawan digital, serta kreator lokal di tanah air.
Pada tanggal 25 Maret
2021 kemarin, Teman Kreasi Indonesia sudah hadir di 24 kota di Indonesia. Jadi,
program Teman Kreasi ini ada dengan dukungan sinergi antara Smartfren, WOWLabs
dan Smartfren Community. dengan tujuan membuka peluang bagi generasi muda
untuk belajar sociopreneurship dalam industri kreatif. Yang pada akhirnya
tahun 2015 mulai berpartnership dengan Smartfren. Dua program utama Smartfren
Community meliputi Edukasi Literasi Digital ke masyarakat dan Pengembangan
sociopreneurship melalui Teman Kreasi Indonesia.
Logo Teman Kreasi Indonesia bentuknya seperti anyaman. Saat pandemi banyak pebisnis yang gulung tikar, dengan latar belakang seperti itu akhirnya Smartfren menggalangkan bisnis lokal, khususnya UMKM. Filosofi anyaman, jika kita bersama, akan menjadi kuat. Dengan ini, Smartfren menjadi penggerak dan mamiliki harapan agar UMKM di Indonesia bisa lebih maju.
Pernah dengar nama
Didik Jatmiko? Buat teman Blogger di Indonesia, pasti tidak asing ya. Blogger
yang suka menulis tentang potensi daerahnya melaui media sosial dan website.
Saya ingat sekali saat launching Teman Kreasi bulan maret 2021 yang lalu,
beliau bercerita saat pertama kali jumpa dengan Smartfren Community saat
Gathering Smartfren Community tahun 2017 yang saat itu di Surabaya. Hingga
akhirnya 17 agustus 2019 dikukuhuhkan sebagai Leader Smartfren Community
Bojonegoro. Beliau mempunyai misi ingin mencerdaskan masyarakat di desanya agar
bisa melek teknologi. Sampai akhirnya dipertemukan dengan Teman Kreasi
Indonesia.
Teman Kreasi Bojonegoro merupakan wadah kokreasi dan buka buka peluang untuk pemberdayaan masyarakat. Beberapa produk UMKM Bojonegoro diantaranya ada Ledre, Keripik usus Jumain, Batik Bojonegoro, Rempeyek Bro, Kristal Herbal dan produk UMKM lainnya. Semua produk ini dipasarkan melalui sosial media mulai dari facebook, instagram, Twitter dan Tiktok. Dengan memanfaatkan media sosial, maka jangkauan pemasaran produk semakin meluas dan tentunya target omset penjualan akan perlahan meningkat.
Lewat Teman Kreasi kak
Didik Jatmiko bisa membuka peluang kokreasi dengan UMKM Bojonegoro khususnya dan
Smartfren. Salah satu dukungan yang paling berpengaruh dari
Smartfren yaitu berupa branding, akses jaringan internet yang lancar
sehingga membuat kegiatan promosi semakin lancar.
Smartfren Dukung UMKM Digital
Lewat “Teman Kreasi Indonesia”, Smartfren Sukses Raih Anugerah Inovasi
Indonesia 2021
Gerakan sosial “Teman
Kreasi Indonesia” yang diprakarsai oleh Smartfren telah dinobatkan sebagai
salah satu inovasi terbaik dan meraih Penghargaan Kategori Khusus: Sustainable
Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021
pada Kamis (19/8/2021) malam.
Ini adalah kedua kalinya Smartfren mendapatkan penghargaan atas inovasi dalam pelaksanaan program corporate social responsibility, setelah pada 2020 lalu berhasil meraih penghargaan utama atas pengembangan Smartfren Community. Kedua penghargaan ini mengukuhkan posisi Smartfren sebagai operator telekomunikasi terbaik dalam memberikan dampak sosial berkelanjutan di masyarakat.
Djoko Tata Ibrahim,
Deputy CEO Smartfren mengatakan, “Smartfren mengucapkan terima kasih atas
penghargaan dalam Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development yang
diberikan untuk inovasi Teman Kreasi Indonesia. Penghargaan yang kami terima
selama dua tahun berturut-turut menjadi pemacu semangat bagi kami untuk terus
menjadi teman Buka Peluang dalam menumbuhkan ekonomi kreatif di Indonesia.”
Hingga saat ini,
Smartfren melalui Teman Kreasi Indonesia, telah melaksanakan beberapa kegiatan
yang membantu keberlangsungan lebih dari 500 UMKM di berbagai kota di Indonesia,
sekaligus membuka peluang digitalisasi bagi mereka. Contohnya adalah kegiatan
Teman Kreasi Cilacap, yakni Jajan Mamake yang turut mendukung penjualan hasil
produksi UMKM di sekitarnya dengan mengadakan bazaar online. Produk UMKM hasil
produksi lokal Cilacap tersebut antara lain berupa makanan tradisional seperti
sale pisang, keripik batang (debog) pisang, tahu krispi, atau onde-onde.
Sebelum adanya inisiatif ini, kebanyakan UMKM tersebut menjual produk –
produknya hanya dengan menitipkannya ke toko atau kios terdekat.
Ada juga Teman Kreasi
Kabupaten Tangerang, yakni Kopi dan Topi Bambu; serta Teman Kreasi Mojokerto,
yakni Eco Printing, yang memberikan bimbingan sekaligus peningkatan kapasitas
pada UMKM di sekitar wilayahnya. Dengan adanya inisiatif Teman Kreasi Indonesia
yang memberikan bazaar online dan kegiatan pembinaan dari Smartfren, UMKM
tersebut dapat menjual produk – produknya secara online dan dapat lebih kreatif
dalam memasarkan produknya, baik berupa makanan dan minuman atau bentuk
lainnya.
Teman Kreasi Pekalongan,
yakni Pasar Sayoor Online dan Teman Kreasi Kota Tangerang, yakni Kopi Nineteen,
telah menjalankan gerakan sosial untuk membantu UMKM di sekitarnya. Kedua Teman
Kreasi tersebut menyisihkan hasil penjualan dari usahanya demi memberikan
bantuan berupa sembilan bahan pokok (sembako) untuk warga yang terdampak
pandemi.
Upaya untuk memajukan
dan membantu masyarakat diwujudkan Smartfren dengan memanfaatkan teknologi,
inovasi produk dan layanan, serta inisiatif yang membawa perubahan dan kebaikan
nyata bagi masyarakat. Semangat perusahaan untuk terus melakukan inovasi adalah
berkat dukungan dari pemerintah, pelanggan, mitra dan masyarakat. Segala hal
yang dilakukan Smartfren akan selalu kembali ke masyarakat. Upaya tersebut
dilakukan melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang
terdiri dari beberapa pilar penting yaitu pendidikan, UMKM dan masyarakat
digital.
Posting Komentar