-->

Teman Kreasi Bojonegoro Hadir Untuk UMKM Indonesia Semakin Mendunia

Teman Kreasi Bojonegoro Hadir untuk Indonesia. Diawal pandemi Covid19 ini banyaknya usaha UMKM yang mulai tumbang, dan banyak karyawan di rumahkan atau di PHK. Dampak pandemi membuat para pengusaha mengalami krisis ekonomi secaraang cukup signifikan, salah satu penyebab yang paling terlihat saat ini adalah berkurangnya daya beli akibat pandemi Covid 19. Akan tetapi saat pandemi jugalah banyak bermunculan UMKM khususnya usaha kecil rumahan yang bermunculan. Contohnya seperti membuka usaha makanan kering, makanan siap saji baik itu berupa lauk, kue ataupun minuman. Dengan memanfaatkan Teknologi media sosial, status Whatsapp sebagai jalan ninja atau ajang untuk mempromosikan produk yang dijual. Karena kebutuhan, dari sinilah muncul banyak peluang usaha untuk bisa bertahan hidup dalam kondisi seperti ini.

Program ini merupakan sarana pemberdayaan lanjutan yang memiliki basis pengembangan dan penguatan komunitas kreatif di masyarakat. Sama seperti sebelumnya prinsip yang digunakan oleh Teman Kreasi Indonesia adalah kokreasi yang saling mendukung.

Maka dari itu Teman Kreasi Indonesia diharapkan dapat mendorong lahirnya banyak wirausahawan sosial, wirausahawan digital, serta kreator lokal di tanah air.

Pada tanggal 25 Maret 2021 kemarin, Teman Kreasi Indonesia sudah hadir di 24 kota di Indonesia. Jadi, program Teman Kreasi ini ada dengan dukungan sinergi antara Smartfren, WOWLabs dan Smartfren Community. dengan tujuan membuka peluang bagi generasi muda untuk belajar sociopreneurship dalam industri kreatif. Yang pada akhirnya tahun 2015 mulai berpartnership dengan Smartfren. Dua program utama Smartfren Community meliputi Edukasi Literasi Digital ke masyarakat dan Pengembangan sociopreneurship melalui Teman Kreasi Indonesia.



Teman Kreasi Indonesia ini memiliki 5 keyword yaitu peluang untuk berkreasi, kokreasi, sosial enterpreuner, local heroes dan suistanable community development. Dengan adanya kokreasi, yaitu upaya untuk berkolaborasi, bekerjasama saling menguntungkan satu sama lain. Tentunya ini akan menjadi lebih baik dan peluangnya akan lebih luas lagi.




Logo Teman Kreasi Indonesia bentuknya seperti anyaman. Saat pandemi banyak pebisnis yang gulung tikar, dengan latar belakang seperti itu akhirnya Smartfren menggalangkan bisnis lokal, khususnya UMKM. Filosofi anyaman, jika kita bersama, akan menjadi kuat. Dengan ini, Smartfren menjadi penggerak dan mamiliki harapan agar UMKM di Indonesia bisa lebih maju.

 



Pernah dengar nama Didik Jatmiko? Buat teman Blogger di Indonesia, pasti tidak asing ya. Blogger yang suka menulis tentang potensi daerahnya melaui media sosial dan website. Saya ingat sekali saat launching Teman Kreasi bulan maret 2021 yang lalu, beliau bercerita saat pertama kali jumpa dengan Smartfren Community saat Gathering Smartfren Community tahun 2017 yang saat itu di Surabaya. Hingga akhirnya 17 agustus 2019 dikukuhuhkan sebagai Leader Smartfren Community Bojonegoro. Beliau mempunyai misi ingin mencerdaskan masyarakat di desanya agar bisa melek teknologi. Sampai akhirnya dipertemukan dengan Teman Kreasi Indonesia.

Teman Kreasi Bojonegoro merupakan wadah kokreasi dan buka buka peluang untuk pemberdayaan masyarakat. Beberapa produk UMKM Bojonegoro diantaranya ada Ledre, Keripik usus Jumain, Batik Bojonegoro, Rempeyek Bro, Kristal Herbal dan produk UMKM lainnya. Semua produk ini dipasarkan melalui sosial media mulai dari facebook, instagram, Twitter dan Tiktok. Dengan memanfaatkan media sosial, maka jangkauan pemasaran produk semakin meluas dan tentunya target omset penjualan akan perlahan meningkat.

Lewat Teman Kreasi kak Didik Jatmiko bisa membuka peluang kokreasi dengan UMKM Bojonegoro khususnya dan Smartfren. Salah satu dukungan yang paling berpengaruh dari Smartfren yaitu berupa branding, akses jaringan internet yang lancar sehingga membuat kegiatan promosi semakin lancar.

Smartfren Dukung UMKM Digital Lewat “Teman Kreasi Indonesia”, Smartfren Sukses Raih Anugerah Inovasi Indonesia 2021

Gerakan sosial “Teman Kreasi Indonesia” yang diprakarsai oleh Smartfren telah dinobatkan sebagai salah satu inovasi terbaik dan meraih Penghargaan Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021 pada Kamis (19/8/2021) malam. 


Ini adalah kedua kalinya Smartfren mendapatkan penghargaan atas inovasi dalam pelaksanaan program corporate social responsibility, setelah pada 2020 lalu berhasil meraih penghargaan utama atas pengembangan Smartfren Community. Kedua penghargaan ini mengukuhkan posisi Smartfren sebagai operator telekomunikasi terbaik dalam memberikan dampak sosial berkelanjutan di masyarakat.

Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren mengatakan, “Smartfren mengucapkan terima kasih atas penghargaan dalam Kategori Khusus: Sustainable Innovative SME Development yang diberikan untuk inovasi Teman Kreasi Indonesia. Penghargaan yang kami terima selama dua tahun berturut-turut menjadi pemacu semangat bagi kami untuk terus menjadi teman Buka Peluang dalam menumbuhkan ekonomi kreatif di Indonesia.”

Hingga saat ini, Smartfren melalui Teman Kreasi Indonesia, telah melaksanakan beberapa kegiatan yang membantu keberlangsungan lebih dari 500 UMKM di berbagai kota di Indonesia, sekaligus membuka peluang digitalisasi bagi mereka. Contohnya adalah kegiatan Teman Kreasi Cilacap, yakni Jajan Mamake yang turut mendukung penjualan hasil produksi UMKM di sekitarnya dengan mengadakan bazaar online. Produk UMKM hasil produksi lokal Cilacap tersebut antara lain berupa makanan tradisional seperti sale pisang, keripik batang (debog) pisang, tahu krispi, atau onde-onde. Sebelum adanya inisiatif ini, kebanyakan UMKM tersebut menjual produk – produknya hanya dengan menitipkannya ke toko atau kios terdekat.

Ada juga Teman Kreasi Kabupaten Tangerang, yakni Kopi dan Topi Bambu; serta Teman Kreasi Mojokerto, yakni Eco Printing, yang memberikan bimbingan sekaligus peningkatan kapasitas pada UMKM di sekitar wilayahnya. Dengan adanya inisiatif Teman Kreasi Indonesia yang memberikan bazaar online dan kegiatan pembinaan dari Smartfren, UMKM tersebut dapat menjual produk – produknya secara online dan dapat lebih kreatif dalam memasarkan produknya, baik berupa makanan dan minuman atau bentuk lainnya.

Teman Kreasi Pekalongan, yakni Pasar Sayoor Online dan Teman Kreasi Kota Tangerang, yakni Kopi Nineteen, telah menjalankan gerakan sosial untuk membantu UMKM di sekitarnya. Kedua Teman Kreasi tersebut menyisihkan hasil penjualan dari usahanya demi memberikan bantuan berupa sembilan bahan pokok (sembako) untuk warga yang terdampak pandemi.

Upaya untuk memajukan dan membantu masyarakat diwujudkan Smartfren dengan memanfaatkan teknologi, inovasi produk dan layanan, serta inisiatif yang membawa perubahan dan kebaikan nyata bagi masyarakat. Semangat perusahaan untuk terus melakukan inovasi adalah berkat dukungan dari pemerintah, pelanggan, mitra dan masyarakat. Segala hal yang dilakukan Smartfren akan selalu kembali ke masyarakat. Upaya tersebut dilakukan melalui berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR) yang terdiri dari beberapa pilar penting yaitu pendidikan, UMKM dan masyarakat digital.