-->

Mengapa Harus DCIM Nama Foldernya ??

Mungkin banyak orang termasuk anda pasti bertanya tanya dalam hati "oia ya kenapa kok harus DCIM nama foldernya" kenapa bukan galeri atau sejenisnya yang bisa di pahami oleh masyarakat. Ternyata nama folder DCIM adalah tempat tersimpannya foto dan video di dalam smartphone mempunyai makna yang tersembunyi. DCIM itu sendiri merupakan standarisasi dari Design rule for Camera File system (DCF) yang mempunyai kepanjangan Digital Camera IMage.



Pada tahun 2003, seluruh peralatan digital di dunia yang mempunyai kelebihan mengambil gambar dan video harus menggunakan DCIM. Sehingga baik smartphone maupun camera digital mempunyai direktori yang sama, DCIM. Penyeragaman seperti itu bukan tanpa sebab, melainkan bertujuan untuk memudahkan proses penyimpanan gambar jika perangkat yang di gunakan itu berbeda.

jika seseorang sedang membidik foto melalui smartphonenya tiba-tiba kehabisan batre dan ingin memindahkan memory card ke camera DSLR maka camera DSLR tidak akan pusing saat mencari penyimpanan folder foto terbaru. Sudah pasti masuknya ke folder DCIM untuk menyimpan gambar dan video yang di bidiknya.

Begitu pula dengan smartphone yang kalian punya, saat memory card berpindah ke ponsel lain maka secara otomatis gambar dan video yang di ambil dari camera tersebut tersimpan di folder yang sama, DCIM. Tanpa DCIM maka akan berantakan pengaturannya pada folder dalam perangkat kalian.

Demikian penjelasan saya tentang apa itu folder DCIM dan kenapa setiap perangkat yang dapat mengambil foto dan video seperti smartphone maupun camera digital di dalamnya ada folder DCIM. Silahkan komentar dan share tulisan ini jika kalian rasa bermanfaat dari postingan ini.