-->

Punya Waktu 3 Hari Di Belitung Mau Kemana Saja ?

Explore Belitung : @maz_echo

Tiga hari dua malam, waktu yang singkat buat liburan yang benar-benar puas. Tapi mau gimana lagi kalau waktu yang kamu punya cuma segitu. Daripada cuma habis dipakai goler-goler di rumah, mending jalan-jalan kan mumpung banyak tiket promo gratis kayak punya Nam Air.

Sekarang ini, Nam Air punya promo buat terbang ke Pulau Belitung, rumah si laskar pelangi yang tenar itu.  Coba cek promo Nam Air di sini deh https://www.traveloka.com/nam-air, kamu pasti pengen langsung terbang ke Belitung walau cuma punya jatah liburan minim.

Tapi dengan waktu sependek itu, bisa ngapain aja di Belitung? Yuk, cek di sini…

Hari Pertama

Ada dua pilihan yang bisa kamu lakukan di hari pertama tiba di Pulau Belitung. Sebisa mungkin pilih penerbangan pagi atau penerbangan pertama biar liburanmu agak panjang.

Pilihan pertama adalah keliling di Tanjung Pinang dan melihat sekolah Laskar Pelangi yang tenar itu. Dari sini, kamu bisa lanjut ke Museum Kata milik Andrea Hirata, lalu mampir ke Klenteng terbesar di Belitung yang menyimpan banyak catatan sejarah.
Museun Kata Andrea Hirata : Belitung
Pilihan kedua adalah tur pantai. Mulailah dari Pantai Tanjung Tinggi yang juga jadi lokasi syuting film Laskar Pelangi, yang banyak batu-batu gedenya itu. Lalu kamu bisa ke Pantai Tanjung Kelayang dan Bukit Berahu yang lokasinya nggak jauh dari Tanjung Pinang.

Hari Kedua

Pilihan terbaik untuk menikmati hari kedua adalah dengan hopping island alias keliling antar pulau. Di sekitar Pulau Belitung, ada banyak pulau-pulau kecil lain yang wajib kamu kunjungi. Sewalah satu perahu, dan kamu akan diantar ke manapun kamu mau.

Baca: Pulau Gili Iyang yang menarik wisatawan lokal dan mancanegara

Pulau yang biasanya banyak dikunjungi wisatawan adalah Pulau Lengkuas, dengan air laut tenang dan pasir yang putih bersih. Di sini, kamu bisa sekedar mampir atau menikmatinya seharian penuh. Karena di Pulau Lengkuas kamu bisa snorkeling dengan sepuasnya.

Dari Pulau Lengkuas, lanjutkan perjalanan kamu ke Pulau Burung, Pulau Kepayang, Pulau Batu Berlayar dan Pulau Pasir. Tapi khusus buat Pulau Pasir, kamu cuma bisa mendarat kalau air sedang surut. Kalau sedang pasang, air laut akan menutup pasir putih yang amat indah ini. Pastikan tanya jadwal pasang surut air laut ke tukang perahu yang membawa kamu pergi ya, biar perjalanan kamu nggak sia-sia.

Hari Ketiga

Ada dua pilihan di hari terakhir kamu di Belitung. Antara keliling kota dan membeli oleh-oleh buat keluarga dan sahabat di rumah. Atau lanjut jalan-jalan ke tempat yang belum dikunjungi.

Biar nggak makan waktu, pilihlah lokasi yang tak jauh dari Kota Tanjung Pandan. Kamu bisa mengunjungi Danau Kaolin yang berwarna biru muda dan dikelilingi batuan putih. Danau ini dulunya adalah tambang kaolin yang kini sudah tak dipakai lagi dan berubah jadi danau yang sangat indah. Lokasinya pun nggak jauh dari kota, jadi kamu nggak perlu takut ketinggalan pesawat.
sumber:travel.detik.com
sumber : travel.detik.com
Di Kota Tanjung Pandan juga terdapat Museum Geologi yang bisa menambah pengetahuan kamu tentang bebatuan. Selain itu juga ada rumah adat Belitung yang bisa dipakai buat belajar sejarah dan tentu jadi spot foto yang cakep.

Ternyata ada banyak tempat yang bisa didatangi dalam waktu tiga hari saja di Belitung ya? Siapkan tasmu, yuk jalan-jalan ke pulau yang sangat indah ini !